[Otomotif] Low MPV Murah dan Terbaik-1
Jum'at, 6 Oktober 2017
Welcome back to Sunjaya's Blog,
Kesempatan kali ini gua akan bahas tentang LMPV atau Low Multi Purpose Vehicle alias sebuah MPV yang terjangkau harganya untuk kalangan menengah ke bawah.
Dilihat dari namanya yaitu Multi Purpose vehicle menandakan bahwa kendaraan ini serba guna. Ya, tentu saja seekor MPV dapat diandalkan dalam segala situasi seperti membawa penumpang yang banyak terutama bagi MPV seven seater, memiliki ground clearance yang lumayan untuk melewati jalan rusak, dan yang terutama IRIT karena ukuran mesin yang tidak terlalu besar dan menggunakan teknologi canggil lainnya. Perlu diingat bahwa seekor MPV tidak serta merta dapat digunakan secara terus menerus pada medan yang berat seperti off road, tetapi MPV sanggup melewati jalan rusak yang terkadang kita temui saat perjalanan.
Well, gua udah siapin 6 ekor LMPV yang terbaik berdasarkan opini gua. Monggo dipilih... :D
1. Mitsubishi Xpander
Okay... Ini mobil favorit gua... Entah mengapa gua jatuh cinta ketika melihat seekor Xpander.
Bukan hanya tampilannya yang keren dan futuristik, tetapi kualitas eksteriornya bukan main untuk mobil sekelasnya. Bodinya cukup tebal, jika diketuk tidak seperti kaleng tipis yang murah. Bagian depan ini menggunakan desain Dynamic Shield dimana grill dan lampu-lampunya kelihatan menyatu menjadi sebuah wajah yang gahar.
Beralih ke kaki-kakinya, seekor Xpander dilengkapi dengan ban 205/55 R16 dengan velg two tone untuk tipe sport dan ultimate dan ban 185/65 R15 dengan velg biasa untuk tipe exceed ke bawah, dilengkapi dengan rem depan disc brake dan rem belakang tromol serta dilengkapi dengan fitur ABS dan Vehicle Stability Control yang tidak ada di kompetitor sekelasnya. Suspensinya cukup stabil dan nyaman karena shockbreaker belakangnya menggunakan shockbreaker milik Lancer.
Setiap mobil pasti punya mesin. Xpander dilengkapi dengan mesin bensin 1500cc dengan kode 4A91 1.5L MIVEC DOHC-16 Valve berpenggerak roda depan. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 104PS di 6000rpm dan torsi maksimal 141Nm di 4000rpm. Sebuah angka yang cukup fantastis bagi sebuah LMPV. Xpander diklaim hemat bahan bakar, jika kita melihat data yang ada hal ini dikarenakan torsi puncak berada pada rpm yang cukup tinggi sehingga mobil ini tidak terlalu menyentak saat berakselerasi sehingga penggunaan bahan bakar menjadi hemat.
Terakhir yaitu interiornya, lagi-lagi Xpander memberi kejutan. Dilengkapi dengan stir teleskopik yang pertama di kelasnya dilengkapi dengan tombol-tombol di stir, dashboard yang futuristik dengan instrumen cluster yang mewah pada speedometernya, 3 buah airbag dan kursi pengemudi yang bisa ditinggirendahkan. Untuk penumpang di belakang diberikan AC double blower dan kursi-kursi yang nyaman. Untuk kursi penumpang tengah diberikan arm rest dan jika kursinya dalam posisi paling maju masih sangat nyaman serta penumpang baris ke-3 dapat duduk dengan nyaman. Xpander memiliki banyak tempat penyimpanan dan socket 12V untuk kebutuhan charging ada di setiap tempat duduk, bagasi di belakang pun cukup luas walaupun kursi baris ke-3 digunakan dalam posisi paling rebah
2. Honda Mobilio Facelift
Inilah mobil favorit gua sebelum ada Xpander. Kehadiran Xpander membuat kekaguman gua terhadap Mobilio sedikit sirna.
Mobilio terkenal dengan sebutan Brio yang dipanjangkan. Hal ini dikarenakan Mobilio sebelum facelift memiliki wajah yang sama dengan Brio. Namun, hal ini berubah setelah Mobilio mengalami facelift dan menunjukkan Mobilio yang sebenarnya. Untuk eksterior lumayan gahar setelah dilakukan facelift tetapi kualitas bodinya tidak berubah (masih tipis seperti kaleng).
Beralih ke kaki-kakinya, Mobilio dilengkapi ban 185/65 R15 dengan rem depan disc brake dan rem belakang tromol dilengkapi ABS dan Hill Start Assist untuk tipe RS CVT. Suspensinya sangat stabil di kelasnya, namun kurang nyaman karena sedikit keras. Mobilio sanggup melahap tikungan dengan stabil walaupun kecepatannya menembus 60-80Km/H (hasil testimoni pribadi).
Mobilio menggendong mesin bensin 1500cc i-VTEC 1.5L SOHC 4 Silinder tunggal segaris berpenggerak roda depan ditambah dengan teknologi Torque Boost Resonator. Hasilnya, Mobilio menjadi MPV yang paling bertenaga dan paling irit di kelasnya. Mobilio mampu menghasilkan tenaga maksimal 118PS di rpm 6600 dan torsi maksimal 145Nm di rpm 4600 serta mampu mencapai rata-rata konsumsi BBM tertinggi yaitu 26,7Km/l. Mobilio memiliki 3 jenis transmisi yaitu CVT, 4Matic, dan Manual. Transmisi CVT diklaim menjadi faktor kehematan konsumsi BBM Mobilio.
Akomodasi Mobilio sudah tidak diragukan lagi, Mobilio menjadi MPV seven seater terlega di kelasnya. Bahkan jika kursi ditegakkan semua, bagasinya masih muat menyimpan 1 orang. Mobilio juga memiliki audio dengan bass terbaik di Indonesia. Penumpang di belakang juga dimanjakan dengan AC double blower. Terdapat banyak ruang penyimpanan dan cup holder. Duduk di dalam Mobilio sangatlah nyaman dan tidak terombang ambing, namun sayangnya kabin Mobilio kurang kedap dan bantingannya cukup keras.
3. Toyota Avanza Veloz
Siapa yang tidak kenal artis satu ini? Dia adalah seekor MPV terlaris saat ini yaitu, AVANZA. Awal kehadirannya sebagai LCGC membuat dirinya laris manis dengan harga 100 Juta-an. Setelah mengalami 3 kali facelift, harganya kini menembus 200 Juta-an.
Tampilan luarnya cukup menarik tetapi masih mengikuti desain lamanya yang membulat karena belum ada perubahan desain yang signifikan. Bodinya masih tergolong tipis dan jika diketuk akan bunyi seperti kaleng.
Avanza Veloz dilengkapi dengan ban 185/65 R15, dengan rem depan Disc Brake dan rem belakang tromol dilengkapi dengan fitur ABS. Bantingan suspensi belakang Avanza kini lebih nyaman dan Body Roll dari Avanza sedikit berkurang, namun jika melibas tikungan dengan kecepatan tinggi masih terasa limbung.
Seekor Avanza Veloz ini dilengkapi dengan mesin 1500cc bensin dengan kode IL 4 Silinder 16 Valve DOHC dengan Dual VVT-i berpenggerak roda belakang. Dengan mesin ini Avanza Veloz mampu menghasilkan tenaga maksimal 104PS di rpm 6000 dan torsi maksimum 141Nm di rpm 4200. Teknologi Dual VVT-i membuat konsumsi BBM cukup irit, tercatat rata-rata konsumsi BBM nya stabil di kisaran 10 hingga 12 Km/l.
Avanza Veloz tidak terlalu memamerkan interiornya. Desain dashboard yang tidak terlalu berubah banyak, akomodasi penumpang yang lumayan walaupun tidak terlalu luas, tetapi kekedapan kabinnya jauh lebih baik dari Mobilio. Tempat penyimpanannya juga lumayan banyak tersedia.
Okay Guys, baru ada 3 ekor LMPV yang gua share profilnya dan 3 ekornya lagi akan gua post di "Low MPV Murah dan Terbaik-2" karena terlalu banyak jika dijadikan 1 post. Jadi, itu tadi LMPV yang bisa gua share, semua punya plus dan minus. Kembali lagi ke selera dan pendapat masing-masing. Disini gua tulis apa adanya sesuai opini pribadi dan beberapa data yang tersaji. Mohon maaf jika ada kekurangan atau kekeliruan, silahkan komentar bagi yang ingin memberikan kritik dan saran.
Thanks dan sampai jumpa di post berikutnya. Always be happy!
Welcome back to Sunjaya's Blog,
Kesempatan kali ini gua akan bahas tentang LMPV atau Low Multi Purpose Vehicle alias sebuah MPV yang terjangkau harganya untuk kalangan menengah ke bawah.
Dilihat dari namanya yaitu Multi Purpose vehicle menandakan bahwa kendaraan ini serba guna. Ya, tentu saja seekor MPV dapat diandalkan dalam segala situasi seperti membawa penumpang yang banyak terutama bagi MPV seven seater, memiliki ground clearance yang lumayan untuk melewati jalan rusak, dan yang terutama IRIT karena ukuran mesin yang tidak terlalu besar dan menggunakan teknologi canggil lainnya. Perlu diingat bahwa seekor MPV tidak serta merta dapat digunakan secara terus menerus pada medan yang berat seperti off road, tetapi MPV sanggup melewati jalan rusak yang terkadang kita temui saat perjalanan.
Well, gua udah siapin 6 ekor LMPV yang terbaik berdasarkan opini gua. Monggo dipilih... :D
1. Mitsubishi Xpander
gambar : promohargakreditmobilmitsubishiexpander.com |
Bukan hanya tampilannya yang keren dan futuristik, tetapi kualitas eksteriornya bukan main untuk mobil sekelasnya. Bodinya cukup tebal, jika diketuk tidak seperti kaleng tipis yang murah. Bagian depan ini menggunakan desain Dynamic Shield dimana grill dan lampu-lampunya kelihatan menyatu menjadi sebuah wajah yang gahar.
Beralih ke kaki-kakinya, seekor Xpander dilengkapi dengan ban 205/55 R16 dengan velg two tone untuk tipe sport dan ultimate dan ban 185/65 R15 dengan velg biasa untuk tipe exceed ke bawah, dilengkapi dengan rem depan disc brake dan rem belakang tromol serta dilengkapi dengan fitur ABS dan Vehicle Stability Control yang tidak ada di kompetitor sekelasnya. Suspensinya cukup stabil dan nyaman karena shockbreaker belakangnya menggunakan shockbreaker milik Lancer.
Setiap mobil pasti punya mesin. Xpander dilengkapi dengan mesin bensin 1500cc dengan kode 4A91 1.5L MIVEC DOHC-16 Valve berpenggerak roda depan. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 104PS di 6000rpm dan torsi maksimal 141Nm di 4000rpm. Sebuah angka yang cukup fantastis bagi sebuah LMPV. Xpander diklaim hemat bahan bakar, jika kita melihat data yang ada hal ini dikarenakan torsi puncak berada pada rpm yang cukup tinggi sehingga mobil ini tidak terlalu menyentak saat berakselerasi sehingga penggunaan bahan bakar menjadi hemat.
Terakhir yaitu interiornya, lagi-lagi Xpander memberi kejutan. Dilengkapi dengan stir teleskopik yang pertama di kelasnya dilengkapi dengan tombol-tombol di stir, dashboard yang futuristik dengan instrumen cluster yang mewah pada speedometernya, 3 buah airbag dan kursi pengemudi yang bisa ditinggirendahkan. Untuk penumpang di belakang diberikan AC double blower dan kursi-kursi yang nyaman. Untuk kursi penumpang tengah diberikan arm rest dan jika kursinya dalam posisi paling maju masih sangat nyaman serta penumpang baris ke-3 dapat duduk dengan nyaman. Xpander memiliki banyak tempat penyimpanan dan socket 12V untuk kebutuhan charging ada di setiap tempat duduk, bagasi di belakang pun cukup luas walaupun kursi baris ke-3 digunakan dalam posisi paling rebah
2. Honda Mobilio Facelift
gambar : autoreviewmobil.com |
Mobilio terkenal dengan sebutan Brio yang dipanjangkan. Hal ini dikarenakan Mobilio sebelum facelift memiliki wajah yang sama dengan Brio. Namun, hal ini berubah setelah Mobilio mengalami facelift dan menunjukkan Mobilio yang sebenarnya. Untuk eksterior lumayan gahar setelah dilakukan facelift tetapi kualitas bodinya tidak berubah (masih tipis seperti kaleng).
Beralih ke kaki-kakinya, Mobilio dilengkapi ban 185/65 R15 dengan rem depan disc brake dan rem belakang tromol dilengkapi ABS dan Hill Start Assist untuk tipe RS CVT. Suspensinya sangat stabil di kelasnya, namun kurang nyaman karena sedikit keras. Mobilio sanggup melahap tikungan dengan stabil walaupun kecepatannya menembus 60-80Km/H (hasil testimoni pribadi).
Mobilio menggendong mesin bensin 1500cc i-VTEC 1.5L SOHC 4 Silinder tunggal segaris berpenggerak roda depan ditambah dengan teknologi Torque Boost Resonator. Hasilnya, Mobilio menjadi MPV yang paling bertenaga dan paling irit di kelasnya. Mobilio mampu menghasilkan tenaga maksimal 118PS di rpm 6600 dan torsi maksimal 145Nm di rpm 4600 serta mampu mencapai rata-rata konsumsi BBM tertinggi yaitu 26,7Km/l. Mobilio memiliki 3 jenis transmisi yaitu CVT, 4Matic, dan Manual. Transmisi CVT diklaim menjadi faktor kehematan konsumsi BBM Mobilio.
Akomodasi Mobilio sudah tidak diragukan lagi, Mobilio menjadi MPV seven seater terlega di kelasnya. Bahkan jika kursi ditegakkan semua, bagasinya masih muat menyimpan 1 orang. Mobilio juga memiliki audio dengan bass terbaik di Indonesia. Penumpang di belakang juga dimanjakan dengan AC double blower. Terdapat banyak ruang penyimpanan dan cup holder. Duduk di dalam Mobilio sangatlah nyaman dan tidak terombang ambing, namun sayangnya kabin Mobilio kurang kedap dan bantingannya cukup keras.
3. Toyota Avanza Veloz
gambar : toyota-global.com |
Siapa yang tidak kenal artis satu ini? Dia adalah seekor MPV terlaris saat ini yaitu, AVANZA. Awal kehadirannya sebagai LCGC membuat dirinya laris manis dengan harga 100 Juta-an. Setelah mengalami 3 kali facelift, harganya kini menembus 200 Juta-an.
Tampilan luarnya cukup menarik tetapi masih mengikuti desain lamanya yang membulat karena belum ada perubahan desain yang signifikan. Bodinya masih tergolong tipis dan jika diketuk akan bunyi seperti kaleng.
Avanza Veloz dilengkapi dengan ban 185/65 R15, dengan rem depan Disc Brake dan rem belakang tromol dilengkapi dengan fitur ABS. Bantingan suspensi belakang Avanza kini lebih nyaman dan Body Roll dari Avanza sedikit berkurang, namun jika melibas tikungan dengan kecepatan tinggi masih terasa limbung.
Seekor Avanza Veloz ini dilengkapi dengan mesin 1500cc bensin dengan kode IL 4 Silinder 16 Valve DOHC dengan Dual VVT-i berpenggerak roda belakang. Dengan mesin ini Avanza Veloz mampu menghasilkan tenaga maksimal 104PS di rpm 6000 dan torsi maksimum 141Nm di rpm 4200. Teknologi Dual VVT-i membuat konsumsi BBM cukup irit, tercatat rata-rata konsumsi BBM nya stabil di kisaran 10 hingga 12 Km/l.
Avanza Veloz tidak terlalu memamerkan interiornya. Desain dashboard yang tidak terlalu berubah banyak, akomodasi penumpang yang lumayan walaupun tidak terlalu luas, tetapi kekedapan kabinnya jauh lebih baik dari Mobilio. Tempat penyimpanannya juga lumayan banyak tersedia.
Okay Guys, baru ada 3 ekor LMPV yang gua share profilnya dan 3 ekornya lagi akan gua post di "Low MPV Murah dan Terbaik-2" karena terlalu banyak jika dijadikan 1 post. Jadi, itu tadi LMPV yang bisa gua share, semua punya plus dan minus. Kembali lagi ke selera dan pendapat masing-masing. Disini gua tulis apa adanya sesuai opini pribadi dan beberapa data yang tersaji. Mohon maaf jika ada kekurangan atau kekeliruan, silahkan komentar bagi yang ingin memberikan kritik dan saran.
Thanks dan sampai jumpa di post berikutnya. Always be happy!
Komentar
Posting Komentar